Senin, 18 Desember 2017

Surga Indonesia



SURGA INDONESIA YANG BELUM TERJAMAH
Oleh: Rizka Febriyana

1. PENDAHULUAN

Indonesia adalah sebuah negara dengan aneka keragaman mulai dari bahasa, adat istiadat, budaya, kekayaan flora fauna, dan pariwisata. Keindahan pariwisata di Indonesia sudah tidak diragukan lagi, sehingga banyak menarik perhatian masyarakat domestik untuk datang dan menikmati keindahan pariwisata Indonesia atau bahkan masyarakat mancanegara yang datang jauh-jauh sekadar untuk berwisata atau bahkan hanya menikmati keindahan panorama Indonesia. Indonesia disebut juga negara seribu pulau yang terdiri dari setidaknya 1.487 pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke yang dianugerahi berbagai macam keindahan alam yang dapat dijadikan tempat wisata, salah satunya seperti pegunungan, pantai, kawah, keindahan dibawah laut, atau bahkan tempat bersejarah yang dapat menambah pendapatan daerah tersebut. Indonesia seharusnya patut berbangga dengan anugerah keindahan periwisatanya salah satunya adalah Bali. Bali adalah salah satu dari sekian banyak tempat pariwisata di Indonesia, pulau ini memiliki daya tarik tersendiri dimata wisatawan salah satunya dengan keindahan pantainya sehingga wisatawan yang berlibur di pulau ini didominasi oleh wisatawan manca negara yang ingin merasakan berjemur di bawah sinar matahari atau hanya menyempatkan melihat matahari terbit dan terbenam di Pantai Sanur. Pulau Bali adalah salah satu pariwisata di Indonesia yang sudah terkenal diberbagai negara. Dari penghargaan-penghargaan yang telah didapatkan oleh Pulau Bali sudah tidak diragukan lagi tentang potensi pariwisatanya. Bali adalah salah satu potret pariwisata di Indonesia yang dapat mengangkat nama Indonesia di mata Internasional, namun faktanya banyak wisatawan mancanegara yang lebih mengenal Bali dari pada mengenal Indonesia. Bukankan Bali sebagai batu loncatan Indonesia untuk mempromosikan wilayah Indonesia yang lainnya yang mempunyai pariwisata yang juga tidak kalah indahnya dengan Bali? Terus bagaimanakah pariwisata Indonesia yang belum dikenal oleh masyarakat manca negara atau bahkan masyarakat kita juga belum mengetahuinya? Bagaimanakah peranan Pemerintah Daerah mengelola pariwisata yang kita miliki, apakah dengan pemasukan daerah yang didapatkan akan menambah kenyamanan wisatawan dan akan memakmurkan masyarakat daerah setempat?
2. ISI
  Pulau Bali merupakan salah satu pulau yang berada di wilayah Indonesia bagian timur. Anadalan utama dari pulau ini adalah sektor parowisata, namun anehnya mayoritas warga luar negeri lebih kenal Bali daripada Indonesia dan sebagian besar telah berkunjung di Pulau Dewata ini padahal Bali merupakan bagian kecil dari Indonesia yang memiliki julukan negara kepulauan. Hal tersebut terbukti dari sejumlah hasil rating elemen dan produk industri pariwisata dari berbagai daerah terkemuka, sejumlah situs wisata terpopuler TripAdvisor, tabloid mingguan wisata tertua Travel Trade Gazette (TTG), hingga lembaga dan ajang peringkatan destinasi wisata bergengsi World Travel Award (WTA) dalam rating dunia tersebut sejumlah situs memempatkan Pulau Balai sebagai daftar teratas, maupun dalam nominasi dan bahkan menjadi juara dibeberapa kategori. Meskipun ini membanggakan, namun patut disayangkan bahwa Pulau Bali masih lebih terkenal ketimbang negara Indonesia. Penyebutan "Bali" dalam daftar, sering tanpa disertakan Negara Indonesia, hal ini seperti teguran bagi Indonesia.
 Faktor yang dapat mempengaruhi wisatawan asing lebih tertarik dengan Bali jika dibandingkan dengan wilayah Indonesia yang lain seperti Jakarta sebagai Ibukota Indonesia antara lain penduduk Bali yang memiliki sifat yang sangat ramah terhadap semua orang baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing hal ini dapat menyenangkan hati para wisatawan atas pelayanan yang telah diberikan. Selain memiliki jiwa keramahan, Bali juga memiliki penduduk yang menjunjung tinggi nilai spiritualitas sehingga dapat membuat kenyamann bagi wisatawan asing berlibur di Pulau Dewata tanpa adanya perbedaan dan berselisih paham. Hal tersebut tampaknya berbeda dengan Ibukota Jakarta yang tingkat keramahtamahan antara warganya kurang hal ini disebabkan karena peduduk Jakarta lebih sibuk dengan kepentingan pribadinya sehinga kurang dalam bersosialisasi antar penduduk, dan penduduk Jakarta juga kurang dalam mengutamakan nilai keagamaan dikarenakan mereka sudah disibukkan dengan kegiatan rutinitas sehari-hari sehingga sering terjadi kesalahpaham antar umat beragama yang seharusnya akan lebih baik jika saling menghargai satu sama lain.
  Di sisi lain pariwisata Indonesia yang terkenal sampai mancanegara ternyata banyak pariwisata yang tidak kalah bagus dengan Bali namun popularitasnya belum setenar Bali.  Sehingga seperti surga yang belum terlihat oleh orang. Wisata seperti pantai, air terjun, situs sejarah dan tempat wisata lain yang berada di suatu daerah kebayakan hanya diketahui oleh warga setempat saja hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya akses jalan yang dipakai masih belum baik, pengelolaan tempatnya belum tertata, dan fasilitas yang terapat di tempat wisata tersebut belum memadai. Namun keberadaan pariwisata yang terkenal dapat menjadi bahan untuk mempromosikan tempat wisata yang belum terkenal seperti pariwisata di Pulau NTB . Peningkatan kunjungan pariwisata ke NTB, terutama di Pulau Lombok, memang tidak lepas dari "limapahan" wisatawan yang berkunjung ke Bali. Salah satu kawasan wisata di NTB adlah Senggigi Tiga Gili dan juga Pulau Moyo masih menjadi bagian promosi Bali. Hal tersebut dikarenakan Salah satu yang dapat dijadikan sebagai penyebab dari kurangnya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia adalah pada faktor promosi pariwisatanya. Banyaknya daya tarik wisata di Indonesia masih belum didukung promosi yang maksimal. Sehingga wajar saja jika hanya daerah-daerah yang sudah terkenal saja yang terus mendapat peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara. Sementara daya tarik wisata lainnya yang sebetulnya memiliki potensi wisata sangat bagus, kurang dikenal wisatawan mancanegara karena minimnya promosi. Strategi lain yaitu pembebasan visa di 15 negara, kemudian dilanjutkan dengan 30 negara lainnya melalui perpres 9 Juni lalu dan pembebasan visa untuk 30 negara lagi pada tahun 2016. Dengan pembebasan visa serta promosi maksimal yang tertuju pada daya tarik wisata yang belum terlalu dikenal wisatawan mancanegara, maka diharapkan target 20 Juta wisatawan mancanegara tidak hanya tercapai dari segi jumlah saja, namun juga dari sisi kebermanfaatan yang dirasakan di seluruh destinasi wisata di Indonesia.                                            Dengan kesempurnaan tersebut banyak orang yang beranggapan Indonesia itu merupakan lokasi dimana atlantis berada. Jika kita melihat dari segi ekonomi kreatif, kita akan melihat peluang besar terhampar disana, dengan kekayaan tersebut Indonesia bisa mendapatkan banyak pendapatan dari sektor pariwisata, karena dari sektor pariwisata tersebut banyak hal yang berkaitan yang bisa dikembangkan menjadi usaha untuk mendapatkan keuntungan serta menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia, seperti restoran, penginapan, souvenir, transportasi dan masih banyak lagi.  Berdasarkan data, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara tahun ini akan mencapai 8.637.275 wisman dengan pertumbuhan sebesar 7,37%, dibandingkan tahun 2012 sebanyak 8,04juta wisatawan asing. Tentunya, hal ini merupakan kabar baik bagi dunia pariwisata, sektor ini berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Mentri Pariwisata Kreatif  mengumumkan sejumlah data yang mendukung, antara lain : penerimanaan PDB dari pariwisata pada tahun 2013 mencapai Rp347,35 triliun, serta kontribusi sektor ekonomi kreatif terhadap PDB yang mencapai Rp641, 82 triliun. Sementara itu, penyerapan tenaga kerja di sektor ekonomi kreatif tercatat sebanyak 11,87 juta orang (10,72%). Hal tersebut membuktikan sektor pariwisata Indonesia sebgai pentumbang devisa negara dan membuka banyak lapangan kerja sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran yang tentu saja berdampak baik untuk kesejahteraan masyarakat.  Dari permasalahan-permasalahan pariwisata Indnesia tersebut dapat kita perbaiki pariwisata Indonesia dengan cara meningkatkan daya tarik periwisatanya , keeksotisan pariwisata di Indonesia juga menjadi daya tarik tersendiri bagi turis mancanegara. Ada beribu-ribu loka pariwisata di Indonesia nan ditawarkan pada masyarakat dunia. Namun, hingga kinmasih sedikit orang nan mengetahuinya.
Misalnya saja, bila kita menyebut pariwisata di Indonesia di kancah internasional, maka yang ada dalam bayangan mereka ialah Bali. Bagi bagi wisatawan mancanegara, Indonesia ialah Bali dan Bali ialah Indonesia. Padahal, kenyataannya masih banyak pariwisata di Indonesia yang belum mereka ketahui dan tentu saja tak kalah menarik dengan Bali. Memperkenalkan pariwisata di Indonesia pada masyarakat global bukan hanya semata-mata tugas pemerintah, namun juga tugas kita semua. Kita semua tahu, bahwa salah satu bidang nan menyokong devisa negara kita ialah unsur pariwisatanya. Oleh karena itu, tidak salah bila kita semua memikirkan bagaimana cara mempromosikan pariwisata Indonesia pada masyarakat global agar lokasi wisata nan terkenal di Indonesia di mata mereka tak hanya Bali. Disamping itu promosi pariwisata sangat penting yaitu dengan memperkenalkan pariwisata indonesia di mata Nasional dan Internasional. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya mengikuti festival budaya Internasional, menggunakn media online sebagai wahana promosi, dan menjadi duta wisata yang akan berpotensi mengenalkan keindahan pariwisata Indonesia.


KESIMPULAN
              Indonesia terkenal dengan pariwisatanya yang indah, siapa yang tidak kenal dengan salah satu pariwisata di Indonesia yaitu Bali. Bali dengan keindahan pantainya tentu akan menambah pendapatan daerah tersebut. Namun banyak pariwisata Indonesia yang belum terjamah, ini adalah tugas dari pemerintah Indonesia dan juga masyarakat setempat untuk membuat pariwisata tersebut dapat dilihat oleh wisatawan luar dan dapat meningkatkan potensi dari daerah tersebut. dan dapat meningkatkan kepopuleran Indonesia di mata Internasional.
           
Daftar Pustaka
http://www.binasyifa.com/889/27/26/promosi-pariwisata-indonesia-berikut-ini-ialah-cara-cara-nan-dapat-dilakukan-oleh-kita-dalam-rangka-mempromosikan-pariwisata-di-indonesia-pada-masyarakat-dunia-1-bangga-dengan-pariwisata-indonesia-tak-mungkin-kita-mempromosikan-pariwisata-di-ind.htm
http://asyharnotes.blogspot.co.id/2014/11/pengaruh-sektor-pariwisata-terhadap.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengarustamaan Ham

Bekerjasama dengan The Asia Foundation dan Ditjen Badilag Mahkamah Agung Republik Indonesia, Kalijaga Institute for Justice (KIJ) UIN Su...